MENGIKAT MAKNA 86

ADSENSE HERE
*Mengikat makna 76*
*_Week of Language_*
_Turrachman musawerna_
_JPSM Indonesia_
https://www.instagram.com/p/BZue3B0lqro/
*___________________*
Konon Lionel Messi berlatih sepak bola pertama kali pada usia 5 tahun, di sebuah klub  amatir Grandoli, dan pelatihnya bernama Salvador aparicio.
Karena tubuhnya relatif kecil jika di bandingkan dengan teman - teman seusianya, maka Messi kecil waktu itu hanya bisa menggiring bola, belum bisa menendang bola. Tapi siapa sangka, pemain yang awalnya tidak mampu menendang bola tersebut, sekarang menjadi pemain yang begitu lincah dan kuat ketika harus menghindari masalah taklingan lawan, dan tubuhnya dengan sangat cepat meliak - liuk di antara pemain lawan yang relatif mempunyai postur tubuh yang lebih tinggi, besar dan kekar, wal hasil beberapa penghargaan sebagai pemain sepak bola terbaik di dunia dia raih dengan sangat membanggakan.
Tahun 1997, saya pernah mampir di kampung inggris pare Kediri untuk belajar coversation dalam bahasa Inggris, pengalaman yang saya alami ketika itu adalah semua peserta di latih untuk "ngomong" atau berbicara dengan bahasa inggris, dari pagi hingga sore hari, bahkan di kos - kosan di buat seperti laboratorium bahasa, dan akibatnya ketika saya pergi ke warung singkong goreng dan warung bakso di sepanjang jalan kita terus cas-cis-cus melakukan dialog dengan menggunakan basa inggris. Saya dan teman - teman waktu itu, belajar bahasa inggris dengan sangat bahagia, karena guru kita adalah teman kita, tetangga kita dan "bakul" singkong goreng di sudut kampung pare.
Ini berbeda dengan fakta keseharian pembelajaran bahasa Inggris di sekolah sekolah "formal" yang selalu menekankan tentang grammer atau tata bahasa, dan lebih meminimalkan practice atau praktek berbicara langsung, akibatnya para siswa sudah tidak tertarik sebab di samping kemampuan kosan katanya yang belum banyak di hafal, dia harus mengerti tentang tata bahasanya.
Maka wajar seandainya di tahun 2016 muncul berita yang di keluarkan oleh English Proficiency Index (EF EPI) bahwa negara kita masih menempati peringkat ke 32 dari 72 negara yang di survei kemampuan bahasa asingnya.
Minggu ini Musawerna students telah memulai program Week of Language nya atau pekan berbahasa, setiap hari siswa di wajibnya untuk menguasai 2 kosan kata bahasa arab maupun bahasa inggris.
Ketika jadwal minggu tersebut adalah bahasa inggris maka setia hari siswa wajib menguasai dua kota kata bahasa asing, caranya setiap pagi setelah taddarus Alquran di halaman dengan di bimbing guru, semua siswa mengucapkan kosa kata yang di tentukan, berulang - ulang.
Dengan banyaknya kosa kata bahasa asing yang di kuasai maka siswa akan lebih percaya diri dalam belajar bahasa tersebut.
Tidak ada yang tiba - tiba, semua butuh proses, seperti Messi kecil mengawali latihan bola dengan hanya menggiring tanpa menendang.
_kalau bukan sekarang kapan lagi, jangan menunggu sebab kesempatan kita tidaklah melimpah, do it.. do it..!!_
*__________________*
*Beranda musawerna, sore pk. 17.05, temperatur 30°©*
ADSENSE HERE